UN SD Tak Perlu

Serang –Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyatakan menolak pemberlakuan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Dasar (UN SD) seperti diberlakukan kepada siswa SLTP dan SLTA.
Hidayat menilai, secara psikologis sistem UN seperti itu tidak tepat untuk mengukur kelulusan siswa. Lebih – lebih bagi siswa SD. Pernyataaan Hidayat tersebut disampaikan usai acara peletakan batu pertama pengembangan pembangunan Pondok Pesantren Al- Mansur Darunajah 3 Pabuaran, Serang , Kemarin

Seperti diketahui, berdasarkan amanat peraturan pemerintah Nomor 19/2005. UN untuk siswa SD akan diberlakukan mulai tahun 2008. karena dalam PP itu disebutkan tiga tahun setelah dilaksanakan UN tingkat SLTP pada tahun 2005, diselenggarakan pula UN jenjang SD.

Hidayat mengatakan setuju bahwa kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan. Tapi peningkatan kualitas tidak harus dilakukan dengan menerapkan sistem UN terlebih pelaksanaan UN di lapangan selalu diwarnai berbagai kecurangan dan tragedi kebocoran soal.

” kalau tingkat SLTP dan SLTA kan sudah terlanjur dilaksanakan selama beberapa tahun . Sementara tingkat SD baru akan diberlakukan tahun depan. Jadi sebaiknya dibatalkan saja,” kata dia.

Menurut Hidayat, sistem UN dengan hanya mengujikan tiga mata pelajaran tidak bisa dijadikan sebagai ukuran bagi kualitas pendidikan di Indonesia. ” penilaian moralitas anak tidak diperhatikan . Padahal sistem pendidikan di Indonesia bertujuan untuk membangun manusia seutuhnya, kata dia.

Hidayat khawatir bila sistem ujian seperti sekarang tetap dipertahankan dan diberlakukan pada siswa SD,akan membuat anak- anak mengabaikan nilai – nilai moral dan akhlak.” Membocorkan soal  itu termasuk korupsi jangan – jangan Indonesia nanti diisi oleh generasi koruptor karena nilai – nilai moral dan akhlak tidak ditekankan sejak dini,” katanya.

Hidayat menambahkan , komisi X harus menindaklanjuti persoalan tersebut .” Wakil Presiden Yusuf Kalla juga sudah mempersilahkan untuk melakukan perbaikan sistem,” Pungkasnya

Sumber: Indo Pos

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: