Gila-gilaan, Kembang Anthurium 100 juta !!!!

Karanganyar–Petani bunga harus lakukan diversivikasi, jangan semata-mata hanya mengandalkan satu jenis tanaman saja seperti yang terjadi di Karanganyar ini pada bunga anthurium.

Dirjen Hortikultura Deptan Achmad Dimyati, mengatakan hal itu pada pembukaan pameran, bursa dan lomba tanaman hias Karanganyar Mega Expo 2008 di Karanganyar, Kamis.

“Bunga anthurium seperti jenis jemani memang pada tahun 2006 di sini harganya sempat gila-gilaan dan satu bunga ada yang harganya mencapai Rp 100 juta, dan ini perlu diperhatikan dan dikembangkan terus seperti disilangkan dan lain-lian untuk mengikuti selera konsumen,” katanya.

Untuk industri hortikultura sekarang ini sudah saatnya dikembangkan terus seperti di Karanganyar ini, yang tidak diperlukan lahan yang luas, tetapi bisa mendatangkan keuntungan besar.

Indonesia ini negara agraris yang tanahnya subur, sehingga bunga apa saja bisa hidup ditanam di tanah air ini, tetapi kenyataannya sampai sekarang negeri ini masih belum mampu menguasai pasar bunga di dunia.

“Hal ini menjadi tantangan para petani holtikultura untuk bisa menguasai pasar bunga internasional. Silakan kalau mau berlomba-lomba¬† dan juga harus ikut pameran petani itu agar mengerti selera konsumen yang diingini, jangan hanya jualan di rumah saja,” katanya.

Bupati Karanganyar Hj Rina Iriani SR mengatakan, pameran, bursa dan lomba bunga tersebut diikuti oleh 185 peserta dengan hadiah total Rp 400 juta.

Melalui pameran, bursa dan lomba tersebut diharapkan akan bisa mendongkrak kembali tanaman hias khusunya untuk jenis anthurium yang tahun 2006 nilai jualnya sempat melambung tinggi, tetapi sekarang ini agak menurun.

“Melalui pameran ini kami berharap untuk tanaman bunga anthurium ini bisa bangkit kembali dan bahkan melebihi tahun 2006, dan setidak-tidaknya sama,” katanya.

Sumber: Antara

Oleh: Anik Sulistyawati

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: