GETUK?

Getuk Nasional untuk Siswa SMA

Pemerintah mencanangkan program Getuk Nasional untuk pelajar SMA dan mahasiswa. Getuk Nasional? Apa itu?
Getuk adalah makanan terbuat dari ketela masak yang ditumbuk halus. Tapi, program Getuk Nasional ini bukan program makanan lho. Getuk Nasional adalah Gerakan Tunas Kewirausahaan Nasional.

Ini merupakan gerakan penanaman jiwa kewirausahaan secara dini kepada siswa-siswa kita khususnya dan masyarakat pemula yang akan melakukan kegiatan wirausaha, kata Menkop dan UKM, Pak Suryadharma Ali, di Jakarta, Senin (21/1).

Pak Suryadarma mengatakan lewat program ini siswa-siswa SMA di seluruh Indonesia akan diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan. Selesai pelatihan, mereka mendapat kesempatan magang di perusahaan-perusahaan besar. Menurut Pak Menteri, penanaman jiwa kewirausahaan kepada para siswa SMA amat penting. Maksudnya agar setelah tamat sekolah nanti mereka mampu menciptakan lapangan kerja atau ready to use dalam dunia kerja.

Selama ini saya melihat cenderung ada gap antara dunia pendidikan dengan dunia kerja sehingga ketika siswa lulus sekolah mereka seperti dilepaskan di hutan rimba kebingungan mencari kerja, kata Pak Suryadarma.

Untuk program magang, sejumlah perusahaan besar akan digandeng untuk mendukung program ini. Pak Menteri melihat ada peningkatan permintaan tenaga kerja di waktu-waktu tertentu yang bersifat musiman dalam satu tahun. Misalnya, selama puasa dan menjelang Lebaran banyak pegawai mengambil cuti, banyak perusahaan memerlukan tenaga kerja tambahan yang bersifat musiman.

Waktu-waktu itu juga bertepatan dengan masa-masa libur siswa sekolah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seperti ini. Jadi, disamping ada unsur pendidikan mereka juga terlatih untuk melakukan kegiatan produktif pada saat hari libur, kata Pak Menteri. Agar taka mengganggu jam belajar di sekolah, program magang tak akan melampaui 48 jam dalam seminggu. Kita akan terapkan mulai libur panjang sekolah 2008, kata Pak Menteri. ant

sumber:Republika Online

Tag:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: