Kelas Baru Cara Belajar Baru

Selamat! Kamu naik kelas. Bagaimana prestasi belajarmu tahun lalu? Ingin prestasi belajar lebih baik di tahun ajaran baru ini?

Agar prestasi belajarmu meningkat, tentu saja kamu perlu memperbaiki kualitas cara belajarmu. Ada beberapa kekuatan yang akan mengubah prestasi belajarmu dengan lebih baik, apabila kamu menguasai cara belajar yang baik. Ada baiknya kamu buat persiapan matang di awal tahun ini, agar di akhir tahun kamu tinggal menuai hasilnya.

Apa yang perlu dipersiapkan? Persiapannya bukan hanya masalah buku tulis atau buku paket saja. Nah ……pertama, tentukan targetmu di tahun ini, trus buat jadwal harian yang isinya langkah-langkah menuju target tersebut. Agar target belajarmu tercapai dengan baik, simak beberapa cara belajar berikut.

  1. Keinginan kuat menuju sukses. Segala sesuatu yang dilaksanakan dengan keinginan yang kuat, belajar dengan sungguh-sungguh dengan hasrat kuat, keinginan dan harapan yang besar akan mencapai hasil yang baik. Sebaliknya bila segala sesuatu tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh, hasil yang dicapai juga ala kadarnya.
  2. Mengulang pelajaran sepulang sekolah. Pulang sekolah, ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu, baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru pada pertemuan berikutnya, kamu dah punya gambaran, tinggal menambahkan aja apa yang kamu belum tahu. Jadi, pulang sekolah kamu tinggal mengulang aja untuk mencari kesimpulan atau meringkas apa yang telah diterangkan.
  3. Membuat rangkuman. Selain membaca kembali atau mengulang pelajaran yang telah diterangkan di sekolah, ada cara lain untuk membuat apa yang didapat di sekolah terikat kuat dalam memori otak kita, yaitu dengan membuat rangkuman dan kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Tulis kesimpulan kamu di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat di kala senggang. Tulis dengan rapi dan indah, agar kamu senang membaca tulisanmu sendiri.
  4. Belajar dari Teman Sebaya. Mengajari teman lain tentang materi yang baru bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Secara bergantian kamu dan temanmu saling bertanya isi materi baru tersebut, nah …. Kamu menjadi lebih memahami materi tersebut.
  5. Buku catatan rapi dan menarik. Buku catatanmu hendaknya selalu rapi, tidak dicorat-coret, serta bagian yang penting bisa menggunakan tinta dengan warna yang berbeda. Biasakan mencatat pada buku yang berbeda untuk tiap mata pelajaran yang berbeda. Ini memudahkan kamu belajar. Bila kamu mencatat materi pelajaran yang berbeda pada satu buku, kamu akan kesulitan dalam mengulang pelajaran, karena tidak teratur, selain itu kendalanya apabila buku catatan tersebut dikumpulkan pada salah seorang guru mata pelajaran tertentu dimana kamu memerlukan catatan untuk mata pelajaran yang lain, tentu akan sangat menyulitkan diri kamu sendiri.
  6. Penuh perhatian saat pembelajaran berlangsung. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar akan tersimpan dengan baik dalam memori kita, dan mudah dipanggil lagi kalau kita perlukan, terutama saat kamu ulangan.
  7. Belajar setahap demi setahap. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Persiapkan jauh hari untuk mengulang pelajaran sebelum tes berlangsung, paling tidak satu bulan sebelumnya. Materi yang banyak bukan masalah. Cara efektifnya, kamu buat ringkasan tiap tiap pelajaran, kalau perlu gunakan table, gambar, atau peta konsep agar mudah dipahami.
  8. Cari waktu tepat untuk belajar. Tiap orang punya waktu yang cocok untuk belajar tergantung situasi dan kondisi tiap orang. Kadang belajar sesudah sholat subuh juga baik, karena pikiran masih fresh. Ada juga yang belajar sebelum tidur, agar apa yang telah dipelajari nempel dengan baik di memori, karena tidak terganngu hal lain, karena setelah belajar langsung tidur.
  9. Pilih bacaan, tayangan televisi, atau musik yang benar-benar membantumu untuk belajar. Belajar sambil mendengarkan musik memang asyik. Pilih musik yang tgenang tapi menggugah. Instrumen yang mengalun lembut, atau musik klasik bisa dicoba.Musik tipe ini cocok banget menemani kamu selama belajar. Hindari menonton atau membaca sesuatu yang tidak bermanfaat meningkatkan kualitas belajarmu.
  10. Usaha dan Doa. Nah…. Kalau kamu dah usaha maksimal dalam belajar jangan lupa selalu juga berdoa. Doa akan memperkuat usaha kita. Positive thinking + smart studying + smart doing + pray to Allah = SUCCESS.

Semua orang terlahir sama di dunia ini, tidak membawa apa-apa. Semua orang pada dasarnya tidak tahu dan tidak mampu. Hanya orang-orang yang berani belajar dan gigih untuk menjadi lebih baik, pada akhirnya akan memiliki pengetahuan dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Pengalaman orang-orang di sekitarmu, buku bacaan, informasi dari media elektronik, internet, kursus, atau pelatihan yang kamu ikuti adalah sumber belajar. Kita tinggal memilih apa yang cocok bagi kamu. Pilihlah cara belajar yang memang bisa membuat kamu mengerti dan memahami banyak hal yang pada akhirnya apa yang kamu cita-citakan tercapai.

Belajar akan membuat pengetahuan kita bertambah. Tetapi bila pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki tidak mengubah kita menjadi lebih baik, akan tidak berarti apa-apa. Ok! Good luck!

diambil dari tulisan Rr. Martiningsih

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: